Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Danau Maobu Jernih Menyegarkan

Bertandang ke Pulau Buton kurang komplet bila tidak menelusuri rekreasi alamnya. Selainnya Wakatobi yang cantik, Buton punyai rekreasi terselinap yang tidak kalah eksotik. Danau Maobu, sebuah danau yang jernih menarik. Ada dikitari tebing karst yang kering. Seakan seperti oasis di tengah-tengah gurun kering kerontang.

Wisata Danau Maobu Jernih Menyegarkan

Lokasinya ada di Dusun Lalibo, Mawasangka tengah, Buton tengah, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Kehadirannya bersisihan dengan pesisir pantai Maobu. Danau ini unik, tidak seperti danau secara umum. Tidak diduga, air Laut Flores sanggup menyelusup ke arah Danau. Sampai Danau Maobu memilki rasa payau, yaitu percampuran air tawar dan air asin.

Walau demikian, sumber air pada Danau Maobu tidak dari air laut. Air tanah yang menyerap terkumpul pada danau. Begitupula air laut yang turut menyerap ke Danau Maobu.

Wisata Danau Maobu Jernih Menyegarkan 1

Masyarakat lokal mengatakan Pemandian Maobu, nama umum Danau Maobu. Airnya demikian jernih seolah permata di batu-batuan. Berwarna biru tosca demikian bercahaya saat diterangi sinar matahari. Menyaksikannya saat itu juga dipikat untuk merendam dalam danau.

Nantikan apalagi, selekasnya menceburkan diri dengan kesegaran air Danau Maobu. Memiliki bentuk seperti genangan dengan rongga yang menjuru ke dalam. Di atasnya ada stalagtit dan dibawahnya stalagmit. Serupa sebuah goa karst secara umum. Bak kolam individu yang cantik terselinap.

Jernihnya air danau karena air yang menyerap ke arah danau. Karakter batu-batuan karst memiliki rongga. Air melaluinya dan memfilter air sampai jernih ke danau. Sepintas memang tidak ada saluran air yang masuk keluar. Rongga batu karst yang kecil kelihatan di sekitar pinggir danau.

Wisata Danau Maobu Jernih Menyegarkan 2

Saat yang pas berkunjung Danau Maobu adalah jam 10.00 sampai 12.00. Pada pukul itu, kilau sinar matahari akan menerangi danau. Sampai hasilkan kontras warna yang detil berwana biru bak permata. Selekasnya mengambil camera dan dokumentasikan keelokan Danau Maobu yang menarik.

Setiap kedalaman memiliki warna air yang lain. Spektrum warna dari permukaan air warna biru jernih, sisi tengah warna biru muda, sampai sisi paling dalam punyai warna biru tua.

Kedalaman Danau Maobu bermacam dimulai dari pinggiran yang dangkal sampai 5 mtr.. Diameter danau sekitar 30 mtr. dikitari batu-batuan karst dengan tinggi 8 mtr.. Bila tidak mengusai berenang, upayakan ada di pinggiran danau yang dangkal. Batu-batuan licin harus juga jadi perhatian supaya tidak tergelincir.

Wisata Danau Maobu Jernih Menyegarkan 3

Danau cantik ini dipayungi oleh pohon-pohonan yang teduh. Kesan-kesan alami dengan kesegaran yang tidak ada duanya. Merendam di Danau Maobu rupanya membahagiakan. Membuat kerasan dan lama-lama untuk nikmati kesegarannya. Kehadiran Danau Maobu jadi tujuan melepaskan capek jauh dari keributan.

Danau Maobu dahulunya padang karst sama dengan dinding karst yang mengitarinya. Walau keras, batu-batuan karst punyai banyak rongga serupa spons. Sesudah demikian lama, batu-batuan alami pengeroposan dan hasilkan genangan berbentuk Danau Maobu.

Wisata Danau Maobu Jernih Menyegarkan 4

Sedikit orang tahu kehadiran Danau Maobu. Lokasinya dibalik batu-batuan karst membuat danau ini seakan terselinap. Saat in Danau Maobu mulai diatur secara baik. Pelancong perlu mengambil Rp 3 ribu untuk nikmati kesegaran Danau Maobu.

Sarananya termasuk komplet dengan gazebo, tempat parkir dan tempat beribadah. Lokasinya dapat dilakukan dengan 1 jam perjalanan dari Lakudo, Ibu Kota Buton tengah.