Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Danau Kaolin Jernih Seperti Cermin

Sepanjang mata melihat pelancong kagum akan keelokan danau jernih membiru. Danau Kaolin, sebuah danau dengan kemunculan unik. Airnya biru semakin makin tambah meluas dikitari dengan batu-batuan warna putih. Lokasinya ada di Jl. Raya Gadung, Dusun Nibung, Koba, Kabupaten Bangka tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Karena sangat jernihnya, air danau bak cermin yang memantulkan pemandangan langit dan batu-batuan.

Wisata Danau Kaolin Jernih Seperti Cermin

Dibalik keelokannya, Danau Kaolin tercipta tidak secara alami. Sesuai namanya Danau Kaolin dahulu sarat dengan Kaolin, semacam mineral yang terdapat di dalam tanah. Kehadiran Kaolin jadi saksi bisu kekayaan pertambangan di Kepulauan Bangka Belitung.

Sisa tambang ini sekarang jadi magnet pelancong karena keindahannya. Menambahkan barisan rekreasi menarik di Bangka Belitung sesudah batu besar di Film Laskar Pelangi.

Wisata Danau Kaolin Jernih Seperti Cermin 1

Swafoto berdasar danau biru ini rupanya memberi kesan-kesan yang unik. Seakan ada di tempat asing, keelokannya akan membuat kamu kerasan lama-lama. Kamu harus juga siaga, tanah di tepi danau tidak semua dapat dijejak. Beberapa tanahnya labil, apa lagi saat musim hujan.

Tidak boleh cemas, pagar pemisah sudah disiapkan supaya pelancong tidak dekati tempat riskan. Nantikan apalagi, selekasnya persiapkan camera dan mengambil gambar sebanyaknya.

Muda-mudi, sampai rekreasi keluarga lalu-lalang melihati Danau Kaolin. Bahkan juga banyak pasangan yang memakainya sebagai spot photo prewedding yang menakjubkan. Bermacam photo berdasar Danau Biru Kaolin yang menyebar di dunia maya rupanya membuat spot rekreasi ini mengisap rekreasi banyak yang datang.

Wisata Danau Kaolin Jernih Seperti Cermin 2

Ada di Danau Kaolin sepintas serupa rekreasi Danau Kawah Putih Ciwidey. Tidak boleh salah, di Danau Kaolin kamu tidak akan menghirup bau belerang yang mematikan. Sisa tambang kaolin ini airnya tidak panas seperti Danau Kawah Putih Ciwidey. Kawah Putih Ciwidey tercipta karena kegiatan vulkanik. Dan Danau Kaolin sebagai galian pertambangan.

Walau sudah ditinggal, alam merubahnya jadi peristiwa yang menakjubkan. Lanscape lubang tidak terurus berisi sama air hujan. Air hujan bersatu yang mengandung kaolin. Terjadi reaksi kimia, sampai warna air kubangan membiru jernih isi lubang tambang.

Wisata Danau Kaolin Jernih Seperti Cermin 3

Tidak cuman biru, warna airnya bermacam. Warga di tempat menyebutkan lubang galian tambang dengan panggilan "kolong". Ada beberapa kolong di sisa galian tambang. Warna biru muda memberikan indikasi kolong berusia muda atau sepuluh tahun. Dan danau warna hijau gelap dan cokelat adalah kolong tua.

Lubang galian mempunyai kedalaman yang bermacam. Di lubang yang dangkal bahkan juga digunakan anak-anak dan masyarakat untuk bermain air. Bila ingin menyaksikan lebih dekat, kamu dapat sewa perahu kayuh. Kamu dapat melingkari birunya danau tentu saja ditemani operator untuk keselamatan dan keamanan.

Wisata Danau Kaolin Jernih Seperti Cermin 4

Saat berkunjung Danau Kaolin, tentunya persiapkan pakaian yang tutupi badan dari panas matahari. Saat kemarau Danau Kaolin demikian panas. Cari lokasi yang teduh dengan manfaatkan pohon yang dapat dijumpai. Masalahnya sepanjang mata melihat cuman akan kelihatan gundukan tanah warna putih.

Kamu bisa nikmati keelokan Danau Kaolin cukup dengan Rp 10 ribu. Dan parkir dikenai Rp 2 ribu saja. Sebuah daya tarik alam yang jangan dilewati saat ada di Kepulauan Bangka Belitung. Aksesnya tidak terlampau jauh, perlu 1 1/2 jam perjalanan dari Kota Pangkal Pinang.