Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Wisata Air Terjun Takapala Sejuk Dan Mempesona

Kabupaten Gowa selalu menyajikan pemandangan alam yang mengagumkan. Didomninasi dengan pegunungan dengan saluran sungai yang berpengalaman. Daya tariknya semakin bertambah dengan kehadiran air terjunnya yang berlimpah. Satu diantaranya Air Terjun Takapala. Ada di Dusun Bonto Lerung, Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Wisata Air Terjun Takapala Sejuk Dan Mempesona

Air terjun Takapala membubung dari muka tebing yang tinggi. Dasar air terjun ada kolam tempat air berguguran. Pelancong kerap menikmatinya dengan bermain air dan merendam. Airnya demikian mempersejuk mengucur dari pegunungan. Kesejukan dan daya tariknya jadi penawar capek di perkotaan.

Gemricik air warna putih bak kapas yang berguguran. Menuruni tebing cantik dengan riwayat pembentukannya yang mengagumkan. Ada di ketinggian 900 mdpl menambahkan situasi kesejukan yang unik.

Wisata Air Terjun Takapala Sejuk Dan Mempesona 1

Cipratan air terjun membiaskan sinar matahari sampai terjadi pelangi. Panorama menarik lengkapi keelokan Air Terjun Takapala. Kolamnya yang jernih akan menarikmu untuk bermain air. Merendam di kolam ini bak sebuah potongan surga dengan kesegarannya.

Kadang-kadang mendekati tempat jatuhnya air terjun. Kesannya seperti dipijat dengan kucuran air yang berguguran. Tetapi kamu cuman dapat melakukan saat musim kemarau. Musim penghujan akan tingkatkan debet air. Bisa mencederai diri hingga diharuskan waspada.

Kolam Air Terjun Takapala dikitari dengan batu-batuan. Benar-benar pas untuk santai sesudah lumayan lama berandam. Tentu saja sambil nikmati keagungan air terjun tinggi membubung. Janganlah lupa, dokumentasikan peristiwa dengan berpose berdasar Air Terjun Takapala.

Wisata Air Terjun Takapala Sejuk Dan Mempesona 2

Air Terjun Takapala mempunyai ketinggian 109 mtr.. Dikitari dengan tebing dan pohon-pohonan yang teduh. Situasi sejuk menyelimutinya membuat kerasan dan ingin lama-lama di Air Terjun Takapala. Tidak cuman airnya, beberapa segi tebing punyai wujud yang menarik.

Batu-batuan penyusun tebing tercipta secara mengagumkan. Dikenali dengan tipe bebatuan columnar gabung. Tipe batu ini tercipta karena leburan magma yang sudah lama mendingin. Memiliki bentuk berkolom-kolom memanjang secara vertikal.

Betul saja, lokasi Air Terjun Takapala ada dekat sama Gunung Bawakaraeng dan Gunung Lompobattang. Magma yang ada ke atas tanah membeku sampai hasilkan mahakarya cantik.

Wisata Air Terjun Takapala Sejuk Dan Mempesona 3

Tidak itu saja, di kaki air terjun ada sebuah gua yang demikian eksotik. Kamu dapat memasukinya. Dianjurkan mencobanya saat musim kemarau. Pasalnya gua kecil ini ada di balik jatuhan air terjun. Memasukinya seakan tertutup oleh gorden dibalik air terjun. Sebuah kesan yang sangat jarang dan dapat kamu peroleh saat ada di Air Terjun Takapala.

Capek tentu menerpa, begitupula lapar. Tidak boleh cemas, bermacam warung masyarakat siap sediakan menu penurun lapar dan dahaga. Bermacam cemilan gorengan sampai kopi panas siap menghangatkanmu sehabis bermain di Air Terjun Takapala.

Wisata Air Terjun Takapala Sejuk Dan Mempesona 4

Disamping itu, sarana tempat beribadah, tempat parkir sampai toilet lengkapi air terjun ini. Pelancong perlu bayar Rp 3 ribu untuk nikmati daya tarik Takapala. Disamping itu, pemondokan disiapkan bila ingin menginap di tepian Air Terjun Takapala.

Lokasinya ada di 1 jam perjalanan dari pusat perkotaan Gowa. Pada jalan berbentuk bukit-bukit dan pegunungan yang demikian mempersejuk.