Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sekolah Dasar Kampung Nelayan Diatas Laut

Masih diselimuti pagi, ketika cahaya mentari belum terik. Beberapa pelajar dengan seragam merah putih kebanggannya telah duduk manis di perahu boat. Dengan rambut yang telah disisir rapi dan sepatu hitam sepaket dan kaos kaki putihnya. Mereka sudah siap ke arah sekolah dasar 068009 Daerah Nelayan Belawan Medan.

Sekolah Dasar Kampung Nelayan Diatas Laut

Aktivitas ini menjadi kegiatan rutin pelajar SD 06800. Tiap hari, saat sebelum pergi sekolah beberapa siswa ada yang perlu naiki perahu boat. Rumah mereka yang berada di atas laut, membuat mereka harus seberang dari rumah ke arah sekolah. Umumnya mereka menumpang masyarakat sekitaran atau bayar dengan ikhlasan hati.

SD 06800 di pojok kota Medan memang berlainan dengan sekolah yang lain. Tetapi, pada tempat berikut beberapa siswa-murid menyulam mimpi. Menuntut pengetahuan pada tingkat dasar.

Sekolah Dasar Kampung Nelayan Diatas Laut 1

Dinding-dinding kayu memimpin bangunan sekolah. Lantai papan jadi pijakan tiap hari mereka untuk belajar. Dari terlalu jauh, kayu-kayu besar kelihatan menyokong sekolah di tengah-tengah kubangan air.

SD 068009 berada di atas hilir perairan Belawan ini berdiri di tahun 1985. Sekolah ini sebagai salah satunya sekolah dasar yang dibuat pemerintahan.

Sekolah Dasar Kampung Nelayan Diatas Laut 2

Beberapa dinding kelas kelihatan berlubang pada bagian tempat. Kayu-kayu lapuk di makan umur kelihatan terang menghias dinding sekolah. Bahkan juga, di bagian bawah beberapa papan yang hancur bila diinjakpun berasa tidak kuat untuk memuat beban.

Dari halaman upacara tempat untuk bermain, sekolah ini kelihatan memprihatinkan. Walau begitu,sekolah ini sudah seringkali alami perbaikan bangunan. Tetapi, tidak ditukar seutuhnya. Cuman seperti dipertambah papan untuk tutupi beberapa lubang dari papan yang hancur saja.

Sekolah Dasar Kampung Nelayan Diatas Laut 3

Ketertarikan belajar anak nelayan ini benar-benar berlainan, orangtua mereka yang mayoritas ialah nelayan membuat mereka lebih tertarik sama pengetahuan yang tersangkut aktivitas nelayan.

Biasanya cuman sedikit warga Dusun Belawan Bahari yang mengenyam pengajaran. Rendahnya keterlibatan pengajaran itu disebabkan karena kesusahan ekonomi yang tidak mungkin mereka atau anak-anak mereka mengenyam pengajaran di kursi sekolah.

Keperluan primer akan sandang, pangan, dan papan pasti lebih diprioritaskan dibanding keperluan yang lain.

Sekolah Dasar Kampung Nelayan Diatas Laut 4

Sekolah dengan bangunan pentas ini memuat pelajar kelas 1-6. Beberapa guru di SD ini sebagai Karyawan Negeri Sipil (PNS) dan ada pula guru honorer. Jumlah guru cuman 13, salah satunya 8 PNS dan 5 honor.

Mereka lah yang berbakti dan yang selalu berusaha untuk memberi pengetahuan dasar ke siswa-murid di sekolah Daerah Nelayan Belawan.