Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengrajin Onderdil Bekas Bernilai Seni Tinggi

Siapa kira, bangkai kendaraan dapat menjadi seni yang menakjubkan. Salah satunya senimannya adalah Heru, perajin patung dengan bahan onderdil sisa. Beraneka macam watak terpampang rapi di muka teras tempat tinggalnya. Dia tidak mempunyai galeri seni. Masalahnya semua aktivitas kreasi seninya berawal dari pekerjaannya sebagai mekanik bengkel. Lokasinya ada di di dusun Nglebak, Tawangmangu, Karanganyar.

Pengrajin Onderdil Bekas Bernilai Seni Tinggi

Piston, busi, rantai, per, sampai cakram rem sisa jadi penyusun mahakarya unik ini. Semua datang dari barang habis gunakan dari bengkelnya. Jiwa seni Heru meronta mendorongnya untuk berkreatifitas. Onderdil yang menimbun dia sulap jadi seni yang nyaman dilihat. Hasil kreasinya bakal menjadi percantik pojok rumah sampai simpanan beberapa kolektor seni.

Tidak cuman jadi seni berkualitas, kerajinan patung onderdil sisa berharga tinggi. Heru sanggup menjualnya sampai ke beragam Kota Besar di Indonesia.

Pengrajin Onderdil Bekas Bernilai Seni Tinggi 1

Bermacam watak unik berupa bunglon, burung, ayam, kuda sampai robot berjajar rapi. Memiliki bentuk demikian unik, serupa dengan bentuk aslinya. Bahkan juga raut mukanya seperti hidup. Keunikan onderdil sisa tetap kelihatan tetapi jadi satu bak sebuah robot besi ala-ala film SciFi.

Dia ingat benar beragam part sulit dalam mesin bermotor. Memiliki bentuk bermacam, umunya piston bakal menjadi kepala tiruan robot. Dan gear rantai jadi penunjang kaki. Beda hal dengan per, dapat menjadi kaki atau atau kerangka khusus dalam tubuh watak.

Pengrajin Onderdil Bekas Bernilai Seni Tinggi 2

Seperti membuat pazel dengan potongan yang paling random. Membuat patung onderdil sisa perlu khayalan yang tinggi. Dia harus pintar menyamakan part ke sisi yang mana dapat dipakai. Dengan las, dia hubungkan beragam jenis sisi sampai jadi wujud yang diharapkan.

Seringkali Heru wajib melakukan rekonsilasi pada part. Onderdil yang hendak dipakai dipotong, dilumatkan sampai tercipta sisi yang diharapkan. Semua perlu kecermatan yang tinggi. Beragam tipe onderdil motor sisa dapat dia gunakan.

Pengrajin Onderdil Bekas Bernilai Seni Tinggi 3

Kesabaran jadi kunci membuat kerajinan onderdil sisa. Sebuah patung watak ayambutuh waktu sepanjang hari untuk membuat. Awalnya Heru harus bersihkan part dari oli dan karat. Untuk memberi kesan-kesan menawan, dia memfinishingnya dengan cat besi sampai terlihat mengkilat.

Macam wujud onderdil sebetulnya dapat dibikin apa. Tetapi ha paling sulit adalah mencocokkannya dengan kerajinan yang hendak dibikin. Dia harus berkreatifitas dengan mainkan khayalan. Pasalnya beberapa pemesan kreasinya tidak enggan untuk minta design watak yang mereka harapkan.

Pengrajin Onderdil Bekas Bernilai Seni Tinggi 4

Sekarang Heru tidak perlu cemas dengan onderdil sisa yang menimbun. Bahkan juga untuk penuhi sisi bagian kerajinannya dia harus mencari part itu. Kerajinannya dia jual pada harga Rp 500 ribu sampai Rp empat juta. Bergantung pada ukuran dan kesukaran wujud watak yang dibikin.

Beragam kota besar sudah pesan kerajinan onderdil sisa punya Heru. Kreasi seni ini sudah tiba di Kota Solo, Yogyakarta, Semarang, Madiun, sampai Jakarta. Peruntukannya dimulai dari pendamping interior, sampai percantik ruang.