Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bunga Rafflesia Merah Putih Sedang Mekar

Dari terlalu jauh, bunga raksasa Rafflesia ini kelihatan menonjol antara cokelatnya tanah dan flora rimba yang lain. Bunga ini kelihatan menarik dengan 5 perigonnya yang lebar. Tiap lembar perigonnya, warna merah kecokelatan dengan lurus putih yang besar dan relatif tidak teratur. Benar-benar elok saat mekar.

Sesuai corak berwarna, sang elok ini mendapatkan panggilan 'Rafflesia merah putih'. Disamping itu, bunga bernama latin Rafflesia Hasseltii Suringar ini dikenali Cendawan Muka Rimau karena berwarna yang belang-belang seperti muka harimau. Bunga sangat jarang ini pertama kalididiskripsikanoleh Suringar di tahun 1879 berdasar sampel yang dihimpun dari MuaraLabuh, Sumatra Barat.

Bunga Rafflesia Merah Putih Sedang Mekar

Tetapi, kemudian bunga tidak berklorofil ini seakan musnah dan musnah. Di tahun 2012, Rafflesia Haselltii kembali diketemukan di teritori Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Bukit Baling, Riau.

Di saat mekar, diameter bunga dapat capai 30-50 cm, cuping (perigone) 11-13 cm, dan lebar 15-17 cm. Bintil dengan benjolan warna merah menyebar pada semua sisi permukaan diafragma.Memikat saat mekar, ternyata Rafflesia Hasselti akan mati setalah 5-8 hari tampilkan keindahannya. Saat yang singkat ya. Beberapa momen Rafflesia mekar memang jadi peristiwa yang ditunggukan.

Dengan coraknya yang unik, bunga Rafflesia Arnoldii memang kelihatan benar-benar elok. Tetapi, dibalik kecantikan yang dipunyainya Rafflesia berbau yang busuk saat mekar. Berbau busuk ini ternyata mempunyai tujuan untuk mengundang lalat tiba. Sama dengan bunga lain, bunga Rafflesia perlu kontribusi serangga untuk menolong proses penyerbukan. Perbedaannya, flora tidak ditolong kupu-kupu atau lebah, tetapi lalat.

Semacam dengan Rafflesia yang lain, Rafflesia Hasseltii tidak mempunyai klorofil dan tidak dapat berfotosintesis sendiri. Rafflesia si tumbuhan parasi gantungkan hidupnya pada inang (genus) Tetrastigma leucostaphyllum. Flora ini melekat dan mempernyerap gizi dari pohon inang dengan akar hisap.

Peristiwa saat Rafflesia merah putih belum mekar, seperti terlihat batu. Rafflesia merah putih ini menguncup dengan braktea atau daun perlindungan warna hitam kecoklat-coklatan. Peranan braktea ini bermanfaat membuat perlindungan sisi dalam bunga.

Rafflesia hasseltii mempunyai dua type kuncup yakni yang menggantung atau kuncup udara atau kuncup darat. Karena style gravitasi, kuncup udara jarang-jarang mekar secara prima. Kalaulah mekar, waktunya lebih singkat, serta lebih kecil dari kuncup darat.

Untuk mekar prima, Rafflesia merah putih ini membutuhkan waktu lama. Minimal dari kuncup awalnya sampai knop siap mekar memerlukan waktu 280 hari. Tetapi, flora ini cuman bertahan 5-8 hari selesai mekar.

Karena keindahan dan keunikannya, Raflesia Merah Putih diproteksi secara hukum berdasar PP No tujuh tahun 1999, dan dengan status darurat (endangered) dalam Daftar Merah IUCN atau hampir musnah.